Pengertian Collaborative Culture

Apa itu Collaborative Culture?

Pengertian Collaborative Culture

Collaborative Culture atau Budaya kolaboratif adalah budaya di mana kolaborasi itu teratur dan disengaja. Kolaborasi tidak hanya terjadi jika seseorang kebetulan memulainya. Sebaliknya, itu dipanggang ke dalam proses bagaimana orang melakukan pekerjaan mereka setiap hari dan ke dalam sikap yang mereka ambil tentang pekerjaan itu. Mengutip dari laman atlassian.com Budaya kolaboratif menghargai gagasan bahwa kita lebih baik bersama. Ini berpusat pada gagasan bahwa kecerdasan kolektif mendorong solusi paling kreatif.

Melalui proses pembelajaran yang berbeda, budaya adalah pola perilaku manusia yang secara metodis diturunkan dari generasi ke generasi untuk menghasilkan cara hidup tertentu yang paling sesuai dengan lingkungannya. Selain itu, budaya organisasi adalah konsep dasar organisasi yang terdiri dari ide-ide umum, standar, dan nilai-nilai yang memberikan dasar bagaimana hal-hal dilakukan di perusahaan tertentu. Seluruh anggota organisasi menggunakan keyakinan, norma, dan nilai tersebut sebagai pedoman pelaksanaan tugasnya (Wibowo, 2010).

Jadi collaborative culture dapat diartikan juga sebagai hal fundamental yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku dan sikap pebisnis, Konteks budaya terkait merupakan budaya dari sekelompok orang yang akan berkolaborasi dalam menjalin kerjasama.
Referensi:
Kasmawati, Y.View of Pentingnya budaya kolaboratif : suatu tinjauan literatur..
Atlassian, How to Create a Collaborative Culture | The Workstream. Atlassian..
Dciciolina, Kolaborasi. Slideshare.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url